KISI-KISI PENULISAN
TES PRESTASI BELAJAR
Jenjang Pendidikan : SMA Plus Tauhidul Afkar Jumlah dan
Jenis Soal : 50 Butir dan Objektif
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab Bahan
kelas/ Semester : X/ Genap
Kurikulum
:
2013
NO.
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
1
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisa dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dangan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Mengidentifikasi
bunyi kata,frasa,dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
Baik secara
lisan maupun tertulis.
|
هِوَايَةُ
الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menganalisis isi
teks tentang hobi siswa dan pameran
|
1-3
|
3.2. Memahami lafal kata,frasa, dan kalimat Bahsa Arab yang berkaitan dengan :
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menganalisis makna
kata yang berbeda dengan kata lainnya
|
4-5
|
||
Menentukan makna
fi’il dan masdar
|
6-7
|
||||
3.3.Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata,frasa, dan kalimat
Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
هِوَايَةُ
الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
Baik secara lisan
maupun tertulis
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menentukan fi’il dan
masdar dalam sebuah kalimat
|
8-9
|
||
3.4.Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya dari teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
Yang sesuai dengan
konteks penggunaanya.
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menentukan masdar
dari fi’il yang telah disediakan
|
10
|
||
Memilih huruf jar
yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang
|
11-12
|
||||
2
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ramah konkret dan ramah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1.Melakukan dialog sederhana sesuai
konteks
dengan tepat dan lancer terkait topik :
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
Dengan memperhatikan unsur kabahasaan, struktur teks dan
unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menentukan kalimat
yang tepat untuk melengkapi hiwar tentang hobi siswa dan pameran
|
13
|
4.2.Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang
:
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
Dengan memperhatikan
unsur kabahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan
sesuai konteks.
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menentukan tema
sebuah teks qira’ah tentang hobi siswa dan pameran
|
14
|
||
Menafsirkan/
menerjemahkan kalimat yang ada di dalam teks ke dalam bahasa Indonesia yang
benar
|
15
|
||||
Menafsirkan/
menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab yang benar
|
16-17
|
||||
4.3.Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk
mengungkapkan informasi terkait topic :
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
Dengan memperhatikan
unsure kabahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai
konteks.
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menyusun kata
menjadi kalimat sempurna
|
18-19
|
||
Memilih kata yang
tepat untuk melengkapi kalimat rumpang
|
20
|
||||
3
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisa dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora
dengan wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dangan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1.Mengidentifikasi bunyi kata,frasa,dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan :
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
Baik secara
lisan maupun tertulis.
|
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
|
Mengaitkan gambar
dengan kalimat yang sesuai
|
21
|
3.2.Memahami lafal kata,frasa, dan kalimat Bahsa Arab yang berkaitan
dengan :
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
|
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
|
Mengaitkan gambar
dengan kalimat yang sesuai
|
22
|
||
3.3.Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata,frasa, dan kalimat
Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
Baik secara lisan
maupun tertulis.
|
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
|
Menemukan makna
huruf athaf yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang
|
23
|
||
3.4.Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya dari teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
Yang sesuai dengan
konteks penggunaanya.
|
الْمِهْنَةُ
وَالْحَيَاةُ
|
Menentukan huruf
athaf yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang
|
24-25
|
||
4
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ramah konkret dan ramah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1.Melakukan dialog sederhana sesuai
konteks
dengan tepat dan lancer terkait topik :
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
Dengan memperhatikan unsur kabahasaan, struktur teks dan
unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
|
Menemukan jawaban
yang tepat dari hiwar yang disajikan.
|
26-28
|
4.2.Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang
:
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
Dengan memperhatikan
unsur kabahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan
sesuai konteks.
|
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
|
Menentukan ma’thuf
dalam sebuah kalimat
|
29
|
||
Menentukan ma’thuf
alaih dalam sebuah kalimat
|
30
|
||||
Menentukan tema dari
teks qira’ah tentang profesi dan kehidupan
|
31
|
||||
Memilih jawaban yang
sesuai menurut teks yang disajikan
|
32
|
||||
Menafsirkan/
menerjemahkan kalimat yang bergaris bawah di dalam teks ke dalam bahasa
Indonesia yang benar.
|
33
|
||||
4.3.Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk
mengungkapkan informasi terkait topik :
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
Dengan memperhatikan
unsure kabahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai
konteks.
|
الْمِهْنَةُ
وَالْحَيَاةُ
|
Menyusun kata
menjadi kalimat sempurna
|
34
|
||
Memilih dhamir dan
fi’il yang cocok untuk melengkapi kalimat rumpang
|
35-36
|
||||
Menafsirkan/
menerjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab yang benar
|
37
|
||||
5
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisa dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora
dengan wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dangan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1.Mengidentifikasi bunyi kata,frasa,dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan :
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
Baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2.Memahami lafal kata,frasa, dan kalimat Bahsa Arab yang berkaitan
dengan :
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
|
الْمِهْنَةُ
وَالنِّظَامُ
|
Memilih kata yang
sesuai untuk melengkapi kalimat tentang profesi dan aturan
|
38-40
|
3.3.Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata,frasa, dan kalimat
Bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
Baik secara lisan
maupun tertulis
|
الْمِهْنَةُ
وَالنِّظَامُ
|
Menentukan khabar di
dalam kalimat
|
41
|
||
3.4.Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya dari teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
Yang sesuai dengan
konteks penggunaanya.
|
الْمِهْنَةُ
وَالنِّظَامُ
|
Menentukan mubtada
di dalam kalimat
|
42
|
||
6
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ramah konkret dan ramah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1.Melakukan dialog sederhana sesuai
konteks dengan
tepat dan lancer terkait topik :
الْمِهْنَةُ
وَالنِّظَامُ
Dengan memperhatikan
unsur kabahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai
konteks.
|
الْمِهْنَةُ
وَالنِّظَامُ
|
Memilih kata ganti
milik yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang
|
43
|
4.2.Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang
:
الْمِهْنَةُ
وَالنِّظَامُ
Dengan memperhatikan
unsur kabahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan
sesuai konteks.
|
الْمِهْنَةُ
وَالنِّظَامُ
|
Memilih jawaban yang
sesuai menurut teks yang disajikan
|
44-45
|
||
Menafsirkan/
menerjemahkan kalimat yang bergaris bawah di dalam teks ke dalam bahasa
Indonesia yang benar.
|
46
|
||||
Menyusun kata
menjadi kalimat sempurna
|
47-48
|
||||
Menafsirkan/
menerjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab yang benar
|
49-50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar